Review Canon Powershot A2600 16 MP

Kamera Canon Powershot A2600 16 MP merupakan salah satu kamera ekonomis keluaran canon yang cocok untuk fotografi bagi pemula. Dengan ketajaman 16 megapixel dan 5 kali Zoom, Canon Powershot A2600 merupakan salah satu terbaik di kelas kamera ekonomis.


Desain dan Fitur Canon PowerShot A2600
Desain yang dipakai menerapkan dua kombinasi warna dengan warna dasar biru, merah, pink atau hitam dengan kombinasi silver dibagian belakang. Bagi penggemar warna silver ada edisi khusus tampilan all-silver juga. Kameran digital ini berukuran 2.2 kali 3.9 kali 0.8 inci dan bobot 4,8 ons. Berat ringan kamera canon A2600 ini disumbangkan oleh penggunaan baterai litium yang lebih tipis dibandingkan edisi lamanya. LCD selebar 3 inci dilengkapi fitur resolusi 230k-titik. Perlu diketahui bahwa tidak banyak kamera digital ekonomis dengan fitur resolusi seperti ini. (Mungkin hanya Olympus VR-340 yang lebih baik dengan display 460k-titik, tapi harganya pun lebih mahal tentunya).

Lensa kameran digital canon A2600 di desain dengan kemampuan 5 kali zoom. Lensa kamera digital canon ini mampu menjangkau 28-140mm pandangan dimana daya jangkau ini cukup luas untuk foto grup atau jepretan landscape yang sangat bermanfaat untuk pemotretan telephoto (Namun tidak begitu maksimal untuk fotografi burung).
Lensa mulai dengan f/2.8 dimana ukuran ini cukup cepat untuk digunakan di tempat terang. Fitur pencahayaan dalam ruangan dilengkapi dengan ISO 400 tanpa memerlukan cahaya flash. Lensa akan menyesuaikan ke f/6.9 saat zoom dilakukan yang biasa terjadi saat penggunaan di luar ruangan.

Pengaturan “default” ada di mode auto, namun kita bisa dengan leluasa mengubahnya menjadi manual untuk memberi kendali lebih sesuai kebutuhan fotografi. ISO, Exposure Compensation, Focus Range, White Balance sampai Drive Mode merupakan beberapa setingan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Apapun mode yang dipilih, fitur self timer selalu dapat digunakan termasuk penyesuaian ukuran file foto atau resolusi rekaman file video.

Bisa dibilang, kendali manual lebih terbatas dan sepertinya pengguna lebih diarahkan untuk mode otomatis. Mungkin ini karena kamera canon A2600 lebih diperuntukan bagi mereka yang hobi mengabadikan berbagai momen di dalam aktivitasnya dengan kualitas jepretan mumpuni. Dalam membuat file video, tombol record tersedia dengan baik termasuk tambahan cahaya flash. Tombol lainnya adalah untuk mode diam, fitur hemat energi diterapkan dengan secara otomatis mematikan fungsi LCD jika kamera tidak digunakan dalam beberapa detik. Ada tombol bantuan dengan simbol tanda Tanya di bagian belakang kamera. Jika ditekan akan muncul menu di layar LCD. Banyak hal bermanfaat dijelaskan dalam informasi yang diberikan tombol bantuan tersebut.

Kemampuan Kamera Canon PowerShot A2600
Kamera Canon PowerShot A2600 ini memakan waktu 1,7 detik dari mulai dihidupkan sampai jepretan pertama secara cepat dan mampu mengambil gambar setiap 1,4 detik jika di atur dalam mode gerakan cepat.
Menurut pengujian ketajaman gambar Imatest, Canon PowerShot A2600 memiliki ketajaman lebih baik dari 1800 line picture height untuk sebuah gambar yang tajam dan memiliki nilai 2124 lines dalam ujicoba tersebut. Ketajaman merupakan kelemahan kamera digital ekonomis, bahkan kamera digital Olympus VR 340 hanya meraih skor 1733 dengan tes yang sama itu.
Selain ketajaman, Imatest juga memeriksa “noise” yang dapat membuat gambar terlihat kabur. Selain itu tingkat detil sap juga dinilai. Noise sebuah gambar akan meningkat seiring dengan bertambahnya cahaya diukur dengan ukuran ISO. Kamera Canon PowerShot A2600 menggunakan sensor gambar CCD, suatu teknologi yang tidak begitu signifikan dalam mengendalikan “noise” dibandingkan dengan teknologi yang lebih mahal seperti sensor CMOS. ISO terendah Canon A2600 adalah 100, karenanya meningkatkan ISO menjadi 200 merupakan cara terbaik sebelum mencapai nilai 1,5% noise. Pada tingkat ISO 400 noise mencapai 2% pada gambar meskipun detil gambar masih terlihat sangat baik pada pengaturan ini. Pada ISO 800 gambar mulai kabur, namun pada umumnya gambar pada ISO ini memang sulit menangkap detil.

Kualitas video terbatas pada format 720p25 Quick format. Tidak ada fitur zoom dalam perekaman video. Hanya terdapat satu lubang koneksi mini USB connector namun SD, SDHC dan SDXC memori model standar dapat digunakan di Canon PowerShot A2600. Soal baterai masih seperti kamera digital pada umumnya, bisa diisi ulang dengan mudah.
Fotografer dengan anggaran minim akan menyukai Canon A2600 dengan harga ekonomis, tingkat ketajaman gambar dan kemudahan penggunaan termasuk performa dengan pengaturan ISO tinggi.

Lihat Kamera Canon PowerShot A2600

Tidak ada komentar:

Posting Komentar