Tips Cara Memilih Kamera Digital Pertama

Perkembangan teknologi kamera digital sangatlah pesat. Efek dari perkembangan teknologi ini adalah tingginya minat banyak orang untuk memulai hobi fotografi.

Namun faktanya, banyak pemula yang kebingungan saat harus menentukan pilihan saat akan membeli kamera digital untuk pertama kalinya. Jika Anda adalah salah satu dari banyak orang yang bingung tersebut, berikut ini adalah tips cara memilih kamera digital pertama Anda:


Uang. Percayalah bahwa kondisi keuangan seseorang berperan banyak dalam hobi fotografi, khususnya dalam menetapkan cara memilih kamera digital pertama. Pertimbangkan berbagai kemungkinan mulai dari cara pembayaran (tunai atau kredit) sampai aksesoris kamera digital yang mungkin perlu Anda miliki juga (SD Card, card reader, Flash card, tas kamera, dll).

Jenis kebutuhan fotografi. Perhatikan kebutuhan fotografi Anda. Jika tujuan utama Anda adalah dokumentasi berbagai kegiatan tentu akan lebih ekonomis karena kualitas gambar bukanlah hal utama. Namun, jika kualitas gambar menjadi idaman Anda maka kamera digital saku mungkin bukan pilihan tepat karena Anda akan terpuaskan dengan hasil pemotretan dengan resolusi gambar yang mumpuni.

Kualitas gambar. Seperti sudah disinggung sedikit dibagian sebelumnya, perbedaan mendasar antara kamera D-SLR dengan kamera saku digital adalah kualitas gambar yang dihasilkan. Kebutuhan untuk share berbagai foto di media sosial dapat dipenuhi oleh kamera saku digital. Namun untuk meraih hasil layaknya fotografer profesional disarankan bahwa kamera pertama Anda adalahD-SLR. Kamera D-SLR akan memiliki keleluasaan penggunaan lensa. Hasil jepretan kamera D-SLR dapat dicetak dan diperbesar sampai 1x1 m tanpa mengurangi detil foto tersebut.

Berat kamera. Berat kamera dapat mempengaruhi kenyamanan Anda dalam menjalani hobi fotografi. Kamera D-SLR high end tentu memiliki berat lebih karena banyak fitur fotografi dibandingkan kamera saku digital.

Fasilitas video. Fasilitas video menjadi nilai lebih sebuah kamera digital. Banyak orang dengan beragam keinginan dalam menggunakan kamera digital, kelengkapan video dapat bermanfaat dalam momen-momen tertentu. Jika sebuah kamera digital sudah dilengkapi dengan fasilitas video tentu Anda tidak perlu keluar biaya ekstra untuk bisa mendapatkan dokumen video dengan kamera digital yang sudah dimiliki.

Ingatlah tips cara memilih kamera digital pertama diatas untuk memudahkan Anda dalam menetapkan pilihan kamera digital yang sesuai kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar