Apa itu DSLR dan SLR? Apa Bedanya?



DSLR singkatan dari Digital Single Lens Reflex. Mekanisme single lens reflex (SLR) berarti kamera menggunakan cermin untuk merefleksikan cahaya langsung dari lensa kamera kepada layar bidik (viewfinder). Digital hanya berarti kamera (pada akhirnya) menyimpan hasil foto secara digital (seperti menggunakan kartu memori dan sebagainya)

Kemudian muncul pertanyaan “Apa sih SLR?”

Untuk memudahkan mari gunakan ilustrasi berikut ini

Pengambilan gambar dengan kamera reguler


1 Lensa
2 Shutter
3 Image sensor
4 Viewfinder

Mari bayangkan bahwa Anda akan mengambil foto dengan kamera regular. Anda melihat melalui viewfinder (No.4) dan melihat objek A. Sejenak Anda tersadar akan sebuah objek paling indah dalam hidup Anda, jadi Anda menekan tombol shutter dan jepret! 

Gambar yang ditangkap dari poin B memasuki lensa 1 menuju shutter (2) dan tertangkap image sensor (3). Selesailah proses pemotretan itu. Kemudian Anda memeriksa hasil foto namun …. Anda tersadar bahwa gambarnya tidak bagus, dan bukan seperti apa yang Anda lihat melalui viewfinder. Itu tetap foto yang baik (sebenarnya) hanya saja tidak sebagus seperti yang Anda lihat langsung.

Sebuah Kamera Single Lens Reflex (SLR)


1 Lensa
2 Reflex mirror
3 Shutter
4 Image sensor
6 Condenser lens
7 Pentaprism
8 Viewfinder/Eyepience

Sekarang mari imajinasikan Anda akan mengambil foto dengan kamera DSLR. Anda melihat melalui viewfinder (8). Bayangan objek akan masuk melalui poin A melalui lensa 1 terefleksi ke cermin reflex (2) kemudian terfokuskan oleh lensa fokus (5) dan lensa condenser (6) kemudian terefleksi menuju pentaprism (7) dan masuk ke viewfinder (8)

Anda melihat bayangan objek dan segera menekan tombol shutter, jepret!. Setelah Anda memotret, terjadi mekanisme lanjutan dimana cermin reflex (2) bergerak kesamping. Dengan demikian gambar pada poin A berpindah melalui lensa 1 ke shutter 3 dan mencapai image sensor (4).

Saat Anda melihat hasil foto, hasilnya pun akan sama persis dengan apa yang Anda lihat.

Kesimpulan

SLR memungkinkan Anda mengabadikan foto persis dengan apa yang Anda lihat.

Apa beda DSLR dengan SLR?

Kamera DSLR adalah SLR yang telah dirubah kedalam metode penyimpanan digital. Keduanya menggunakan mekanisme satu lensa yang sama, hanya saja yang satu dengan system digital yang lain menggunakan film.

No comments:

Post a Comment