Tips Merawat Memori Kamera Digital

Memori kamera digital menjadi bagian vital dalam kegiatan fotografi. Fungsi memori kamera digital menggantikan film di era kamera analog.

Kualitas memori bisa dikatakan sebagai kunci penting setelah proses pengambilan gambar. Oleh karenanya, bila Anda pelaku hobi fotografi, Anda perlu memahami cara merawat memori kamera Anda agar tetap sehat dan tahan lama.

Untuk itu marilah kita lihat bersama tips merawat memori kamera digital berikut ini :

Format memori kamera digital baru sebelum dipakai
Jika Anda baru saja membeli kartu memori kamera digital ada baiknya memori kamera digital segera diformat sebelum dipakai agar kartu memori kamera digital Anda segera menyesuaikan format kamera.

Jangan gunakan kartu memori hingga batas maksimal
Kapasitas kartu memori kamera berkaitan erat dengan jumlah file gambar yang dapat Anda potret dan simpan. Semakin penuh kapasitas kartu memori semakin besar kemungkinan kartu memori mengalami eror saat pengambilan gambar.

Hindari “Baterai Minim" saat pemotretan
Jika Anda sudah menyadari kondisi baterai kamera digital sudah mendekati habis, ada baiknya Anda segera mencari baterai cadangan. Kamera digital yang mati akibat baterai habis saat pemotretan dapat berakibat pada rusaknya file foto (file corrupt) atau kamera gagal meyimpan foto secara sempurna.

Reformat kartu memori setelah menghapus file gambar
Format kartu memori akan memastikan kondisi media penyimpan dalam kondisi baik dan tidak menyimpan bad sector. Seringkali kita menghapus file gambar yang blur atau tidak sesuai keinginan bukan? Ada baiknya kita melakukan re-format sebelum menggunakan kembali kamera digital itu.

Gunakan merk terpercaya
Menggunakan merk yang sudah terpercaya dapat mengurangi kekhawatiran Anda sebagai konsumen. Selain kualitas, beberapa merk kartu memori kamera digital dilengkapi dengan software gratis untuk mencari foto yang hilang apabila terjadi kerusakan atas kartu memori kamera digital Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar